Membersihkan Layar LCD dengan Minyak Kayu Putih

Kamis, 07 Maret 2013

Pengguna laptop kini sudah cukup banyak, baik itu digunakan untuk keperluan kantor, mengerjakan tugas, maupun menikmati wifi gratisan di mall. Laptop sebagai komputer jinjing yang biasa dibawa kemana-mana memang merupakan salah satu kelebihannya, tetapi dengan kelebihannya tersebut membuat laptop mudah terkena kotoran, terutama pada layar, akan sangat mengganggu tentunya jika kotoran atau debu yang hinggap pada layar sangat banyak dan susah untuk dibersihkan. Selain mengganggu kenyamanan penggunaan, kotoran pada layar juga mengakibatkan berkurangnya keindahan dan kecantikan pada laptop itu sendiri. Hal tersebut bisa diakibatkan karena lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya.
Tips Membersihkan Layar LCD dengan Minyak Kayu Putih
Tentunya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan layar LCD laptop agar kembali terlihat kinclong. Namun, taukah Anda ? Anda bisa membersihkan layar LCD laptop dengan budget yang minim, tidak perlu banyak keluar uang untuk sekedar membersihkannya. Hanya dengan menggunakan ‘Cajuput Oil’ atau biasa dikenal dengan sebutan ‘Minyak Kayu Putih’, layar LCD laptop Anda akan kembali jernih. Kenapa memakai minyak kayu putih ? Karena cairan yang dikandung minyak kayu putih terbilang lembut, kesat, dan yang terpenting tidak merusak layar.
Bahan :
 Cajuput Oil (Minyak Kayu Putih), bisa didapatkan di warung atau minimarket terdekat dengan budget kurang dari 5000.
Alat :
-  Kain bersih dan lembut / tissue kering
-  Lakban atau solatip
Cara Pembersihan :
  1. Matikan terlebih dahulu laptop Anda, ditakutkan ada aliran listrik yang mengalir disaat melakukan pembersihan.
  2. Ambil kain ataupun tissue, untuk digunakan sebagai lap atau pembersih layar.
  3. Teteskan secukupnya cairan minyak kayu putih ke bagian kain atau tissue.
  4. Usapkan kain atau tissue kebagian sisi dan sudut layar secara 1 arah vertikal ataupun horizontal. Usahakan jangan terlalu menekan layar, dan sebaiknya jangan dipakai terlebih dahulu untuk bagian luar layar, karena dapat mengotori kain atau tissue, serta dapat mengakibatkan pemborosan tissue.
  5. Sebagai langkah pamungkas, ambil lakban atau solatip dan gunting sepanjang 10cm atau sepanjang layar LCD laptop.
  6. Tempelkan lakban kebagian sisi atau sudut layar. Langkah ini berguna untuk mengangkat kotoran atau partikel-partikel kecil yang yang belum tersapu bersih.
  7. Setelah sekitar 30-60 detik, tarik / cabut lakban.
Cukup mudah bukan ? Dengan alat dan bahan yang bisa didapatkan dengan mudah serta tidak terlalu menguras kantong Anda dapat membersihkan layar LCD laptop kesayangan Anda, tidak perlu membeli alat pembersih khusus layar LCD yang harganya cukup mahal, cukup dengan minyak kayu putih saja.
Minyak kayu putih tidak hanya dapat membersihkan layar LCD leptop saja, tetapi bisa juga digunakan untuk layar PC, kamera, layar TV, layar sentuh smartphone dan tablet, maupun trackball pada BlackBerry.dari sumber :
Share this article :